Monday, May 20, 2013

Rose Curve

Bunga mawar merupakan jenis tanaman hias yang paling banyak peminatnya. Bunga mawar sangat terkenal karena aroma dan keindahannya yang khas, sehingga sering disebut dengan Queen of Flower. Disamping itu, bunga mawar juga bermanfaat dalam bidang kesehatan karena memiliki banyak khasiat. Minyak bunga mawar yang dihasilkan dari proses ekstraksi sudah sejak lama digunakan sebagai bahan baku untuk produk pewangi, sabun, pelembab kulit, dan obat-obatan. 

Dalam Klasifikasi bunga mawar diketahui bahwa bunga mawar terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan habitat tumbuhnya. Di antaranya, jenishybrid tea, floribunda, polyantha, grandiflora, dan climbing rose. Jenis bunga mawar hybrid tea, memiliki bunga tunggal, berukuran lebih besar, susunan bunga kompak, tangkai bunga panjang, dan sering digunakan sebagai bunga potong. Mawar floribunda, memiliki tangkai yang agak panjang, yang bunganya bersatu dalam suatu rangkaian yang besar. 

Bunga mawar polyantha ,memiliki satu rangkaian bunga berukuran kecil. Selanjutnya, jenis mawar grandiflora, adalah gabungan antara sifat-sifat hybrid lea dan floribunda, sehingga sering digunakan sebagai bunga potong atau tanaman taman. Sedangkan jenis terakhir, yaitu climbing roseadalah bunga mawar rambat dengan beragam bunga tunggal dan rangkap.


Lalu apa hubungannya bunga mawar dengan matematika?
sebelum kita bahas lebih lanjut, kita pahami dulu salah satu topik yang ada dalam matematika yaitu Fungsi Parametrik.




Fungsi Parametrik


Fungsi parametrik adalah fungsi yang relasi variabel bebas dan variabel terikatnya disajikan dalam persamaan yang menggunakan parameter. Jika x variabel bebas, y variabel terikat dan t parameter maka notasi bentuk fungsi implisit dapat ditulis sebagai berikut:





dengan t sebagai parameter.


contoh:




dengan t sebagai parameter.


lalu apa kaitannya fungsi parametrik dengan bunga mawar?

ternyataaaa....
Bunga mawar bisa kita buat dengan menggunakan fungsi parametrik. Perhatikan fungsi parametrik berikut:




Berikut ini grafik dari persamaan parametrik diatas.

(klik segitiga hitam untuk menjalankan animasi)

No comments:

Post a Comment